1.WORLD WIDE WEB
-
PENGERTIAN WWW
World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang
dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk
mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara
keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW merupakan kumpulan peladen web dari
seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk
menyediakan data dan informasi untuk dapat
digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui
web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa
teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Kegunaan ini tergolong masih baru
dibandingkan surat elektronik, sebenarnya
WWW merupakan kumpulan dokumen yang
tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang
terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen
informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Suatu halaman dokumen informasi
dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan
dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen
infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar,
mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa
disebut hipermedia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling
bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala
(hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen
lainnya.
-
SEJARAH
WWW
Sejarah
World Wide Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih
dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss.
CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan
Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu
protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para
anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan
untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama
dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat
sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor
untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat
untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang
bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows.
Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National
Center for Supercomputing Applications).
Di
bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser
untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan.
Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai
lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi
Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada
tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark,
salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama.
Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan
bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah
Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun yang sama
CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web
Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada
awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat
sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai
sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web
telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.
-
FUNGSI
WWW
Fungsi
WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Hal
ini senada dengan pengertian www yang telah disebutkan di atas. Dengan
demikian, salah satu fungsi www di internet menawarkan berbagai kecanggihan dan
kemudahan pemakai intenet mendapatkan dan menampilan informasi dimana saja di internet secara mudah dan cepat.
-
FASILITAS PADA WWW
Internet
sering disebut sebagai rimba raya informasi dengan sekian banyak layanan yang
bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, bahkan cukup banyak yang gratis. Inilah
yang menjadi salah satu daya tarik internet saat ini. Dan kalo diamati lagi,
bahwa sebenarnya semuanya adalah World Wide Web dengan beragam layanan yang
ditawarkan. Berikut ini beberapa jenis layanan WWW yang perlu diketahui, antara
lain :
1. Web Mail Service
2. Search Engine
3. Web Hosting
4. Portal
1. Web Mail Service
Salah
satu layanan yang paling banyak digunakan orang di internet adalah email, dan
untuk bisa saling berkirim email kita harus memiliki email account tertentu.
Saat ini sudah cukup banyak situs web yang memberikan email account secaa
gratis tanpa bayar. Kita bisa langsung memesan sebuah email account dengan nama
tertentu sesuai dengan keinginan kita. Contoh : mail.yahoo.com,
www.hotmail.com, dll.
2. Search Engine
Seringkali
kita memerlukan untuk mencari sesuatu dari web, akan tetapi kita belum
mengetahui dimanakah alamat situs web yang memberikan layanan atau informasi
tersebut. Padahal jumlah situs web saat ini sudah mencapai ratusan juta situs
dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Untuk itu kita memerlukan sebuah
aplikasi bantu yang akan mencari apa yang kita butuhkan di situs-situs web. Alat
bantu itu disebut Search Engine. Dengan search engine kita akan cepat menemukan
alamat situs yang berisi informasi yang kita butuhkan. Contoh situs search
enngine : www.google.com, www.yahoo.com, dll.
3.
Web Hosting
Setelah
proses design dan proses penyusunan sebuah situs web selesai, maka selanjutnya
kita akan upload situs tersebut di internet. Untuk itu kita memerlukan web
space untuk meletakkan situs yang telah jadi itu. Bila kita berlangganan pada
sebuah ISP, biasanya kita diberikan space khusus untuk keperluan ini. Akan
tetapi bila tidak demikian, kita dapat menggunakan layanan web hosting gratis
yang ditawarkan di internet. Contoh situs yang menawarkan web hosting gratis
yaitu : www.geocities.com, www.coolfreepages.com, www.lonex.com, dll.
4.
Portal
Kalau
dalam dunia nyata kita kenal mall atau plaza, yang menyediakan semua yang kita
butuhkan saat belanja, maka di dunia maya pun ada fasilitas seperti ini. Di
dalam satu situs web, tidak hanya menawarkan satu layanan saja, tetapi
bermacam-macam layanan sekaligus. Situs seperti ini, disebut sebagai portal.
Contoh portal: www.yahoo.com, www.astaga.com, dll.
2.E-MAIL
- PENGERTIAN E-MAIL
Email adalah
singkatan dari Electronic Mail dan kalau di bahasa indonesianya adalah Surat
Elektronik.Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan
melalui jaringan Intenet, dengan Email kita hanya membutukan beberapa menit
agar surat/pesan kita sampai tujuan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti
mengirim surat/pesan biasa(pos) dan dengan email isi surat/pesan dapat kita isi
dengan konten gambar/suara dan vidio, email bukan hanya untuk mengirim
surat/pesan,jaman sekarang apa-apa yang berhubungan internet seperti mendaftar
Facebook,twitter,blogger dan lain-lain pasti memerlukan email utuk mendaftar.
-
SEJARAH EMAIL
Surat
elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum
terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang
computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada
Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray
bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan
untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai
komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan
eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga
program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam
jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang
pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah
“QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas
e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at”
atau “pada”.
Semuanya bermula pada tahun 1968
di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini
dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut
ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan
dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan
sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama
lain.
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson
ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan
program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun.
Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif.
Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin
yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat
dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang
sama.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang
bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah
komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan
yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file
protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan
ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya
sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan
e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Pada tahun
1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id
dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Salah satu program email pertama
yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama
kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang
karyawan di University of Illinois.
Eudora diambil dari nama
almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email
pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini
bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun
1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web,
Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh
client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut
menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga
karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.
-
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PENGGUNAAN EMAIL
-
Kelebihan
1. Nyaman
Untuk
mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang
terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan
sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel
dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail
dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif
sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim
surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita
tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk
digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit
mengeluarkan biaya.
2. Global
E-mail bisa
digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana
komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di
server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang
dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa
gambar, foto, video, program, bahkan suara.
-
Kelemahan
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi
dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut
disalah gunakan.Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan
identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena
mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah
(junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail
setiap hari sehingga ada kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
-
ISTILAH DALAM EMAIL
Istilah-istilah
yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1.Sign Up : Mendaftarkan diri
(menjadi member).
2.Sign In : Pemilik e-mail dapat
masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member).
3.Compose : Menulis surat baru.
4.Inbox : Surat yang masuk ke
pemilik e-mail.
5.To : Surat akan dikirim ke alamat
e-mail yang dituju.
6.CC : Surat dikirim secara
berantai ke alamat lain.
7.BCC : Surat dikirim ke alamat
yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC.
8.Draft : Surat yang ditulis
tapi belum dikirim.
9.Sent : Surat yang terkirim.
10.Spam : Surat yang berisi
kata-kata yang tidak baik/menganggu.
11.Reply : Membalas surat yang
diterima.
12.Trash : Melihat e-mail yang
telah dihapus.
13.Bulk : Melihat e-mail yang
dicurigai sebagai spam.
14.Forward : Meneruskan surat
yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain.
15.Attachment : Fasilitas pada
sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan
untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan
di kirim.
-
ETIKA PENGGUNAAN EMAIL
Etika dalam
email sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal
ada yang informal. Beberapa poin penting:
* Jangan mengirim email dengan
lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 1 mb). Tidak semua orang mempunyai
akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi
kapasitas email penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain
itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email juga menerapkan batasan
tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat diterima (dan dikirim)
penggunanya.
* Jangan mengirim lanjut
(forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
* Selalu isi kolom subjek,
jangan dibiarkan kosong.
* Jangan menggunakan huruf
kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
* Dan tentu saja, gunakan
kata-kata dengan santun:). Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan
berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
- JENIS EMAIL
Ada 3 jenis layanan E-mail,
yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing
mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop
Mail
E-mail jenis ini sama dengan
email yang anda terima dari ISP anda.
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya:
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat.
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat.
b. Web
Based Mail
Email jenis ini merupakan email
yang ditawarkan oleh berbagai situs/web.
Kelebihannya:
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja.
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja.
Kekurangannya:
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya:
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
- MENGAKSES
EMAIL
Email pada
mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai
koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis.
Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
* Menggunakan ‘browser’, seperti
Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based,
artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak email. Contoh:
Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan
online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara
layanan email gratis.
* Menggunakan program pengakses
email (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla
Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus
mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat
membaca email tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan
puluhan bahkan ratusan email dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama
sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan
fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian
biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
- KOMPONEN
EMAIL
Sebuah alamat
email terdiri atas dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id,
yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa
nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks
setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang
menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
3.SEARCH
ENGINE
- PENGERTIA SEARCH ENGINE
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer
yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan
dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah
ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang
tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang
seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas
suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target
pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web,
gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga
diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata
ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari
dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata
tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search
dan Yahoo!).
Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka
(open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
-
SEJARAH
SEARCH ENGINE
Saat awal
perkembangan internet, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang
berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang
mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini.[2]
Dengan semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi
memungkinkan untuk dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama kali
digunakan untuk melakukan pencarian di internet
adalah Archie yang berasal dari kata "archive" tanpa
menggunakan huruf "v".[3]
Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch,
saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat.
Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang
terdapat pada layanan ftp
publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan
pencarian.
Mesin pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993 dan
masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang
berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset
pada tahun 1994.
Segera setelah itu, banyak mesin
pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di
antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing
bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan
oleh Yahoo.
Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian
mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista kemudian
meluncurkan mesin pencari sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin
pencari yang telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang mengutamakan
pencarian Web daripada layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember 2003, Orase menerbitkan versi
pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi
baru dan tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.
Mesin pencari juga dikenal
sebagai target investasi internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa
perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar saham diketahui mencatat
keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali menonaktifkan layanan mesin
pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise saja,
contoh Northern Light sebelumnya
diketahui merupakan salah satu perintis layanan mesin pencari di internet.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource
Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan
secara rinci sejarah teknologi mesin
pencari sebelum munculnya Google. Mesin-mesin pencari lainnya
mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast,
Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.
-
JENIS – JENIS SEARCH ENGINE
1.
Human Organized Search Engine
Mesin
pencari yang di kelola sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin pencari ini
menggunakan metode dengan memilah-milih informasi yang relevan dan dikelompokan
sedemikian rupa sehingga lebih bermakna dan bermanfaaat bagi penggunannya.
Situs ini dalam prakteknya memperkerjakan para pakar dalam bidang-bidang
tertentu, kemudian para pakar tersebut dapat mengkelompokan situs-situs
tertentu sesuai dengan bidangnnya atau kategori situs itu sendiri.
2.
Computer Created Search Engine
Search
engine kategori ini banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan
inforrmasi, walaupun kadang-kadang ada beberapa informasi yang tidak relevan.
Search engine ini telah menggunakan software spider yang berfungsi menyusup
pada situs-situs tertentu, kemudian mengunpulkan data serta mengelompokan
dengan sedikit bantuan tangan manusia.
3.
Hybrid Seacrh Engine
Merupakan
gabungan antara tangan manusia dengan computer, sehingga menghasilkan hasil
pencarian yang relative akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai
penelaah dalam proses pengkoleksian database halaman web.
4.
MetaCrawler/Metasearch
Merupakan perantara
dari mesin pencari yang sebenarnya. Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan
pencarian ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layer
browser sehingga akan menampilkan banyak sekali hasil dari ber bagai mesin
pencari yang ada.
Setelah memahami pengertian search
engine, kita perlu mengetahui apa sih manfaat search engine? Seluruh pengguna
internet pasti pernah menggunakan search engine. Barangkali semua akan
setuju bahwa hasil teknologi canggih yang satu ini sangat bermanfaat, terutama
dalam hal melakukan pencarian data atau informasi yang kita butuhkan. Kita
hanya perlu mengetikan kata kunci tertentu pada kolom pencarian yang
disediakan, dan mesin pencari akan bekerja dan menyajikan sumber yang relevan dengan
kata kunci tersebut. Dan itu hanya membutuhkan waktu sekian detik. Tidak bisa
dibayangkan jika teknologi ini tidak ada. Bagaimana caranya kita menemukan
informasi yang relevan diantara jutaan sumber yang tersedia? Search engine ini
berfungsi layaknya index buku yang biasanya berada di halaman belakang. Ia
menunjukkan lokasi kata atau istilah diantara jutaan kata lainnya dalam buku
tersebut.
Lalu bagaimana cara kerja search
engine sehingga ia bisa bekerja dengan sangat cepat dalam menemukan lokasi kata
kunci tertentu diantara jutaan halaman yang ada di internet? Beranjak dari
fakta bahwa search engine terpopuler saat ini adalah google, saya memutuskan
untuk mempelajari cara kerja raksasa mesin pencari tersebut daripada harus
mempelajari berbagai macam search engine yang ada.
Sumber paling tepat untuk mendapatkan informasi tersebut tentunya halaman
bantuan google sendiri. Berikut ini informasi yang saya temukan dari halaman
bantuan google. Sebuah video yang menunjukkan bagaimana mesin pencari google
bekerja. Video ini dibawakan oleh Matt Cutts yang saat ini merupakan kepala tim
webspam google. Teman-teman bisa juga mengunjungi halaman tersebut secara
langsung di sini.
Berdasarkan penjelasan dari sumber tersebut, google memiliki perangkat
lunak atau software bernama Web Crawlers. Seperti pada bahasan
pengertian search engine yang menjelaskan bahwa search engine adalah sebuah
sistem software. Sesuai dengan namanya, software ini bekerja untuk
menemukan halaman web yang tersedia untuk umum. Perlu diketahui bahwa tidak
semua halaman website bisa ditemukan. Hal ini menyangkut pengaturan webmaster
sendiri, apakah halaman web tersebut mau dipublikasikan atau tidak. Terkadang
webmaster menginginkan halamannya tersembunyi dengan suatu alasan sehingga itu
akan mencegah web crawlers menemukannya. Web Crawlers google ini dikenal juga
dengan nama “Googlebot”. Seperti layaknya kita melakukan browsing pada sebuah website
atau blog, robot ini memperhatikan halaman tersebut dan juga mengikuti setiap
link yang ada di sana untuk kemudian dibawa kembali ke server google.
5.BROWSER
- PENGERTIAN & SEJARAH BROWSER
Web adalah hasil dari
sebuah kreasi suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna
diidentifikasi oleh pengenal global. Web menjadi komoditi yang diperebutkan
oleh banyak pihak, sah-sah saja, mengingat salah satu aplikasi Internet yang
populer adalah web.
Bahkan Microsoft dan Netscape sama-sama pernah
berusaha membuat satu standarisasi web secara de facto. Untunglah, Berners-Lee
bersama rekan-rekannya mendirikan World Wide Web Consortium (www.w3c.org) pada
bulan Oktober 1994. W3C berhasil mencegah kalangan komersial mengambil-alih
web. Kini beragam standarisasi web, seperti versi Hyper-Text Markup Language
(HTML) dan Platform for Internet Content Selection (PICS), Cascading Style
Sheet (CSS) dan eXtended Markup Language (XML) dirancang-bangun oleh W3C secara
independen, tanpa ada tekanan dari manapun.
Kisahnya berawal ketika
pada bulan Maret 1989, Berners-Lee, seorang lulusan Universitas Oxford
berkebangsaan Inggris, mengajukan proposal tentang suatu sistem berbasis
hypertext yang memungkinkan para peneliti fisika bisa berbagi informasi secara
efisien dan efektif. Proposal tersebut diberi judul "HyperText and
CERN". CERN merupakan nama tempat Berners-Lee bekerja saat itu, yaitu
kependekan dari Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire, sebuah
laboratorium riset bidang fisika partikel di Jenewa, Swiss. Pada penghujung
tahun 1990, sebuah prototipe web berhasil dijalankan di sebuah perangkat
komputer NeXT. Saat itu web sudah mengandung line-mode user interface yang
disebut sebagai www. Esensi dasar sebuah web telah lahir!
Kemudian pada bulan Mei
1991, interface www tersebut mulai dipasang di mesin CERN dan dapat diakses
melalui jaringan. Kemudian untuk pertama kalinya, tepatnya pada bulan Agustus
1991, informasi mengenai web tersebut disebarluaskan melalui newsgroup Usenet
di alt.hypertext dan melalui newsletter CERN pada Desember 1991. Pada saat
itulah web dan www mulai dikenal secara luas, meskipun masih mengunakan browser
line-mode interface. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya,
pengguna harus mengetikkan perintah-perintahnya.
Salah seorang pemerhati perkembangan web dan www
tersebut adalah Marc Andreesen, seorang mahasiswa University of Illinois, yang
gemar mengutak-atik perangkat keras dan lunak di laboratorium kampusnya,
National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Kemudian Andreesen
bersama rekan-rekannya browser berdasarkan data-data dari CERN. Pada bulan
Februari 1993 lahirlah browser graphical user interface (GUI) yang pertama.
Informasi mengenai browser yang diberi nama Mosaic tersebut segera
disebarluaskan melalui newsgroup. Mosaic merevolusi konsep tentang browser.
Mosaic 1.0 secara resmi baru dirilis pada bulan November 1993, dengan
menggabungkan berbagai aplikasi Internet seperti www, news, WAIS, e-mail dan
tentu saja, kemampuan menampilkan gambar.
Bahkan hyperlink untuk pindah halaman telah
berbentuk tulisan biru yang dapat di klik menggunakan mouse. Mosaic pun terjun
dalam kiprah komersial. Pada April 1994, Jim Clark, pendiri Silicon Graphics,
bersama dengan Andreseen mendirikan Mosaic Communication Corporation, yang
kemudian berganti nama menjadi Netscape Corporation. Untuk selanjutnya, Mosaic
dikembangkan oleh tim NCSA minus Andreseen, sedangkan Netscape Corporation
mengembangkan Netscape. Saat itu, lisensi source code Mosaic, yang diberi kode
SpyGlass, bisa ikut dimiliki oleh pihak lain.
Pada Desember 1994,
lahirlah browser komersial yang pertama, Netscape 1.0 dari Netscape
Corporation. Lantaran menyadari bahwa Netscape tersebut lahir dari dunia pendidikan,
Netscape Corporation memutuskan mendistribusikan browser komersial mereka
tersebut secara gratis khusus bagi kalangan pendidikan. Strategi ini menjadi
kunci penting dalam perolehan pangsa pasar Netscape hingga 80% pada era
tersebut.
Microsoft saat itu sedang tertidur pulas. IE 1.0
baru dirilis Agustus 1995, dalam bentuk Windows 95 Plus pack release yang
komersial, alias tidak gratis. IE 1.0 tersebut berbasiskan pada source code
Mosaic dengan lisensi SpyGlass. Bill Gates seperti tersambar petir ketika
menyadari bahwa perkembangan Internet sedemikian pesat dan sedemikian penting,
sama pentingnya dengan personal computer (PC) dan sistem operasi. Orang-orang
tengah keranjingan Internet. Saat itu browser adalah Netscape.
Dalam sekejap, Bill Gates melakukan mobilisasi
Microsoft dan mulai serius mengembangkan IE. Akhirnya, IE 3.0 dirilis pada
bulan Agustus 1996 untuk berhadap-hadapan dengan Netscape. Bill Gates tidak mau
tanggung-tanggung, mulai dari IE 3.0 tersebut, semua browser IE digratiskan sama
sekali dan diikat dalam sistem operasi Windows. Hal tersebutlah yang akhirnya
memicu perang browser, pengadilan anti-monopoli Microsoft dan runtuhnya dinasti
Netscape.
-
CONTOH WEB BROWSER :
1.Mozilla Firefox – link, yaitu
dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open
source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga
didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan
pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
2.Internet Exporer – link, yaitu
Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek
IE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi
Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan
versi IE8.
3.Safari – link, yaitu Dibuat oleh
Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga
iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser
engine pertama yang lulus test Acid3.
4.Flock – link, yaitu Flock adalab
web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini
khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0. Flock didesain untuk
memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social
networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan
Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati
content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.
5.Opera – link, yaitu Opera
dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga
Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah
aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan
tertentu, layaknya Add-ons firefox.
6.K-Meleon–link, yaitu K-Meleon
salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah Lisensi GNU General
Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems.
Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan
Mozilla Firefox.
7.SeaMonkey–link, yaitu SeaMonkey
adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet
application suite, alamat web, misalnya http://www.kumpulanistilah.com.
Alamat tersebut dapat kita artikan sebagai berikut : http, yaitu service transfer web (protocol)
8.WWW,
(world wide web), yaitu jaringan situs web terbesar sebagai seperti
software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla,
dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet
browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web
development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web
developers dan corporate users.
9.Camino – link, yaitu Camino
adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience
terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana,
elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari
Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful.
10.Konqueror – link, yaitu
Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file
viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke
komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :
1. FTP and
SFTP/SSH browser
2. SAMBA
(Microsoft file-sharing) browser
3. HTTP browser
4. IMAP mail
client
5. ISO (cd
image) viewer
6. VNC viewerpengelola pengalamatan situs web di internet.
Kumpulan
istilah disebut wilayah (domain), yaitu sebuah nama yang digunakansecara
institusi untuk situs webnya.
11.Com,
merupakan nama terakhir sebuah domain, biasanya menunjukan bidang usaha situs
web bersangkutan. Untuk menginstall
Konqueror ini anda harus install KDE terlebihdahulu. KDE adalah Desktop
Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install
KDE. Masih banyak web browser yang terdapat di internet, kembali kepada anda
untuk mengunakan browsing internet sehari-hari dan install Add-ons atau
Widgetnya untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat berselancar. Web browser
tak hanya mempunyai tampilan yang cantik tapi ada juga web browser yang bisa
bicara, ikuti ulasannya disini web browser luar biasa yang diciptakan untuk
pengguna luar biasa.
- FUNGSI WEB
BROWSER
Tujuan utama
dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna, yang
memungkinkan mereka untuk melihat informasi ("display" dan
"render"), dan kemudian mengakses informasi lainnya berupa
("navigasi" atau "link").
5.CHATTING
-
PENGERTIAN
CHATTING
Chatting
adalah media komunikasi dan bersosialisasi lewat teks, suara bahkan gambar
melalui media internet, hanya saja dipisahkan oleh tempat. Chatting bias
melalui Yahoo Messenger (YM), Mirc, dan lain-lain.
Siapa
yang tak kenal chatting terutama dikalangan remaja, begitu digandrungi selain
situs jejaring sosial semacam Friendster (FS), Facebook (FB) dan situs jejaring
sosial lainnya, fenomena ini begitu memberi dampak bagi remaja baik secara
langsung atau tidak, bagi kalangan orang tua media – media seperti ini kurang
begitu familiar akan media internet yang menyediakan menu atau konten. Internet
merupakan sungguh dasyat sekali pengaruhnya bagi para remaja, maka dari itu
kita sebagai orang tua harus bisa memberikan arahan dan ketentuan dalam
pemakaian internet bagi putra – putri kita, baik dirumah atau diluar rumah.
Kecenderungan anak usia remaja yang ingin tahu akan hal – hal yang belum
dijumpai dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya pornografi dan sejenisnya.
Di bawah ini adalah
dampak dari media chatting adalah sebagai berikut :
a)
Memberikan kepuasan dikala anak (Remaja) merasa bosan dengan rutinitas dirumah,
karena bisa bertegur sapa dan bercanda dengan teman baru nya di dunia maya.
Untuk melatih keorganisasian, seorang anak tidak hanya harus bersosialisasi di
dunia nyata, tapi di dunia maya pun seperti ituh.
b)
Memberikan pengaruh pada kepribadian anak, karena cenderung mengikuti pola atau
karakter lawan chatting nya. Kepribadian anak tidak hanya di pengaruhi oleh
lingkungan dalam (Keluarga dan Sahabat) dan Lingkungan Luar (Dunia Maya).
c)
Awal kali para chatter ini menganggap chatt adalah hal iseng, tapi seiring
dengan berjalannya waktu akan memberikan rasa kecanduan, yang pada ujungnya
lupa waktu akan tugas nya sehari-hari. Kejadian seperti ini dapat mudah di
temukan di para remaja saat ini yang menggandrungi Internet, khususnya
Chatting.
d)
Membayakan dirinya sendiri, mayoritas pechatter, akan merasa penasaran dengan
lawan chatting nya yang berujung pada tukar no hp atau rumah dan kopi darat
atau bertemu di dunia nyata. Hal inilah yang kebanyakan dimanfaatkan oleh orang
hidung belang / pelaku pedofilia untuk mencari korbannya. Maka kita sebagai
orang tua harus bisa mengawasi anak kita dari bahaya ini.
e)
Media ini rentan dan membahayakan karena sekarang ini media chatting sudah
sangat canggih, dengan adanya chatting lewat Handphone yang ditawarkan oleh
operator seluler baru. Baru ini, penulis pernah menjumpai banyak dikalangan
pelajar, yang dikala pelajaran tidak fokus dengan pelajarannya malah
berasyik-masyuk chatting lewat hp.
Sebenarnya
kita semua sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walau pun tidak
disebutkan secara tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk
mempraktekkannya dengan benar. Nah, etika chatting tersebut antara lain, di
bawah ini.
- Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya.
- Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
- Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.
- Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.
- Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
- Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
- Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.
- Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.
- Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.
- Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu
- Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.
Selain
etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang
mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.
- Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.
- Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.
- Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.
- Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
- Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
- Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian,hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
- Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.
Pencegahan dampak
chatting adalah sebagai berikut :
-
Berikan pengertian pada akan mengenai
penggunaan dan berapa lama pemakaian internet. Usahakan untuk mencari lawan
chatting yang seusia nya, sekarang ini beberapa handphone sudah bisa digunakan
untuk chatting, sebagai orang tua di minta harus menyita handphone dikala waktu
tidur, karena kebanyakan anak mencuri – curi waktu untuk chatting tanpa
sepengetahuan kita dikala jam tidur. dengan demikian esok pagi anak kita dapat
berangkat dan mengikuti pelajaran di sekolah dengan Fresh.
-
Awasi dan ikutilah bilamana anak anda
mau ke warnet, berikan pengertian agar apa yang dicari sesuai tujuan,
kebanyakan anak sekolah bila di warnet sedirian atau bersama teman – teman
nya membuka situs porno atau hentai (kartun porno).
-
Berangkat dari itu semua kami
menyampaikan harapannya semoga kita sebagai orang tua bisa memberi rasa aman
dari pengaruh chatting dan penyalahgunaan nya. Tidak semua pengaruh chatting
memberikan dampak yang buruk bagi kita dan anak – anak kita bilaman kita bisa
memanfaatkan teknologi itu sebaik-baiknya dan bisa membawa diri dalam
pemanfaatan media itu, baik untuk bekerja atau mencari relasi atau teman bisnis
baru.
6.NETIQUETTE
- PENGERTIAN NETIQUETTE
Sama
seperti di dunia nyata di mana orang berinteraksi dengan bertatap muka atau
berkomunikasi melalui telepon, etika dan peraturan yang disepakati bersama
harus diikuti. Internet adalah salah satu bentuk komunikasi lainnya di samping
cara di atas, dan itulah mengapa “Netiquette” ini dibuat.
Pada
dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku atau
aturan sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi
peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat dan membantu Anda dalam
berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah
atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan orang lain.
Beberapa aturan yang
ada pada Netiquette ini adalah:
- Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
- Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
- dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet
-
FUNGSI
NETIQUETTE
Netiquette
berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi
internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai
email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat
menjadi jengkel ke orang yang menerima
mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain
dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti
mengirim “spam”, yang umumnya dianggap etiket buruk di internet, namun
komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar
netiquette.
-
MANFAAT
NETIQUETTE
Netiquette
dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi
perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah
orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di internet. Misalnya,
teks ditulis dalam huruf kapital sehingga sering dianggap “berteriak” dalam
komunikasi online dan disukai di komunitas internet banyak.
-
FITUR
NETIQUETTE
Fitur
dari Netiquette dapat bervariasi secara signifikan dari satu komunitas web yang
lain tetapi ada beberapa standar yang diterima secara umum di internet. Lain
kemudian menahan diri dari penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan,
menahan diri dari membuat komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan
aturan umum. Indiana University merekomendasikan menulis online informasi dalam
paragraf ringkas dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi
bijaksana dengan bahasan Anda, terutama untuk forum-forum publik dan ketika
menulis komunikasi kelompok, seperti email massal.
-
IDENTIFIKASI
Bila
pengguna baru untuk sebuah komunitas web, seperti forum web baru, masyarakat
mungkin telah menerima aturan netiquette bahwa pengguna tidak akrab dengan. Hal
ini dapat membantu untuk mengamati dan membaca komunikasi anggota lain dari
komunitas web untuk mengambil pada netiquette diterima.
-
PERTIMBANGAN
Beberapa
pengguna internet keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah
ditetapkan netiquette. Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut
kemarahan, menyebabkan diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang
menyebut “troll internet”. Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus
untuk mendapatkan kenaikan dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll
itu”. Penghinaan online dan pelanggaran lain dari netiquette kadang-kadang
disebut “menyala”. Kedua “trolling” dan “menyala” dianggap netiquette yang
buruk.
-
CONTOH
KASUS
1. Kasus
ini terjdi ketik saya masih duduk di kelas 3 SMA yakni sekitar tahun 2009-2010.
Saat itu ada seorang anak dari SMA Swasta yang (mungkin menurutny tidak
sengaja) menuliskan kata-kata kasar dan menjelek-jelekn orang lian sambil
menyombongkan diri di sebuah situs social network. Ia juga menjelek-jelekan
SMAnya dan guru-gurunya. Dan berita ini cepat tersebar ke SMA-SMA lain. apalagi
SMA di sangt dekan dengan SMA saya. Banyak murid-murid SMA lain yang mulai
marah dan tidak suka dengan kata-katanya. Akhirny ia dimusuhi murid-murid
disekolahnya bahkan sampai ke murid SMA lain. Memang ini hanyalah contoh kecil.
Namun dari kasus ini kita bisa thu betpa pentingnya Netiquette. Memang mungkin
ia tidk bermaksud, tapi keslahan membaca bisa jadi memanas-manasi kasus ini.
Ditambah lagi dengan menjelek-jelekan sebuh instnsi dan berbagai macam
didlamnya. Jadi Etika dalam berinternet juga perlu supaya tidak terulang
kasus-ksus kecil seperti ini.
2.
Kasus
Prita Mulyasari seorang ibu 2 anak yang kecewa dengan pelayanan RS. Omni (Rumah
Sakit Omni Internasional). Rasa kecewa itu ditumpahkan (curhat) melalui email
dan disebarkan melalui mailing list. Akhirnya, berita kecewa itu menyebar dari
satu email ke email lainnya, dari milis A ke milis B, dan seterusnya hingga
akhirnya terbaca oleh pihak RS. Omni. Penyelesaian yang ditempuh dari pihak RS.
Omni adalah dengan memperkarakan Prita dan berujung pada penjara dengan delik
aduan pencemaran nama baik.
Kisah Prita yang didakwa dengan Pasal 27 Undang-Undang
Informasi dan Transaksi Elektronik (Undang-Undang ITE) tentang pencemaran nama
baik lewat dunia maya menimbulkan reaksi kontraproduktif dari pengguna internet
(netter & blogger) Indonesia. Dengan teknologi internet, netter menumpahkan
segala pendapat yang rata-rata menentang kesewenanganRS. Omni dengan
menuliskannya di blog, mendiskusikan di forum online, milis, komentar blog, dan
membuat komunitas maya mendukung pembebasan Prita Mulyasari dengan Facebook,
dll.
Hal yang perlu dicermati adalah, kasus Prita
dan RS. Omni telah menyebar dari mulut ke mulut dalam bungkus teknologi
internet. Apalagi para netter yang mempunyai blog telah menuliskan pendapatnya
di blognya masing-masing dan menciptakan beragam komentar didalamnya. Mayoritas
atau mungkin secara keseluruhan, para netter menentang aksi yang dilakukan oleh
RS. Omni. Hasilnya akan menciptakan citra buruk bagi rumah sakit tersebut.
Tanpa kita sadari, hal tersebut adalah publikasi gratis bagi
Prita dan RS. Omni melalui dunia internet. Konsep internet marketing telah
merasuk dalam menyikapi masalah kedua pihak. Kecaman dan beragam tanggapan
adalah review dari pengguna internet (masyarakat) terhadap keberadaan sebuah
produk. Kalau ditilik dari kasus Prita dan RS. Omni, sisi konsumen adalah Prita
dan masyarakat. Sedangkan sisi penghasil produk adalah RS. Omni.
Salah satu hal yang perlu dipelajari bersama
adalah, paradigma baru dalam penyebaran informasi produk bukan saja tercipta
dari perusahaan yang bersangkutan, tetapi lebih kepada partisipasi publik. Internet
adalah media super cepat dalam menyebarkan informasi dan mendapatkan
partisipasi aktif didalamnya.
Jika kita berbicara website komunitas jejaring
sosial seperti Facebook, Myspace, Friendster dll, jutaan orang rela untuk
saling berbagi informasi disana. Disamping itu, partisipasi dari para blogger
dalam memberikan informasi apa adanya akan menjadi kekuatan ampuh terhadap arus
perubahan. Jika diolah untuk bidang usaha, semua hal diatas adalah kekuatan
dari sebuah internet marketing. (baliorange)
7.KOMUNITAS ONLINE
-
PENGERTIAN KOMUNITAS ONLINE
Istilah kata komunitas berasal dari bahasa latin,
communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat,
publik atau banyak orang.
Wikepidia
bahasa indonesia menjelaskan pengertian komunitas sebagai sebuah kelompok sosial
dari beberapa organisme yang berbagai lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan
dan habitat yang sama.
Komunitas online merupakan sekelompok orang dalam
berkomunikasi menggunakan internet sebagai media utama dan tidak mengandalkan
pertemuan langsung secara fisik.
Di era internet siapapun bisa membuat dan menyebarkan
informasi, namun sepenting apapun informasi itu bila hanya disuarakan satu
orang onliner atau gaungnya tidak akan terdengar. Disinilah peran sebuah
komunitas online diperlukan, sebuah informasi bila disuarakan secara bersama-
sama oleh komunitas online tentu gaungnya akan besar terdengar, yang bisa
menarik perhatian media mainstrem tentunya informasi penting yang gaungkan para
onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang.
Namun
onliner juga manusia, merasa tak afdol jika belum berinteraksi lansung secara
fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan para onliner didunia nyata
yang umumnya di namakan Kopdar.
Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku
dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling berkenalan secara
pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman.
Tak bisa
dipungkiri bahwa secara psikologis jika seseorang rutin bertemu dan
berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah
komunitas akan menimbulakan ikatan emosional tersendiri di hati orang tersebut
terhadap komunitasnya.
Macam- macam
komunitas online:
1. Facebook
2. Twitter
3. Kaskus
4. Dll
Kemampuan
komunitas online untuk menyatukan manusia dalam ruang lingkup global bisa
mendatangkan banyak manfaat Tetapi berhati- hatilah karena cakupannya yang
terlalu besar. Komunitas online bisa menjadi tempat strategis bagi para
penjahat untuk mengincar anda. Yang sering terjadi biasanya adanya pencurian
identitas dan pelecehan. Kebanyakan korbannya adalah anak- anak. Selain itu
banyak psikolog yang mengkhawatirkan bahwa terlalu banyak berinternet membuat
orang melupakan kehidupan nyata di masyarakat.
-
SEJARAH
KOMUNITAS ONLINE
Seperti yang kita ketahui jaringan
komputer yang mendunia yang disebut Internet, berkembang begitu sangat cepat.
Internet memfasilitasi interaksi Online yang cukup besar. Interaksi ini
membentuk suatu komunitas yang disebut komunitas online. Komunitas ini memiliki
berbagai kepentingan dari kelompok-kelompok
kecil yang terlibat dalam diskusi dengan topik
tertentu, sampai jaringan pemasaran barang dan informasi. Media ini juga
bisa digunakan untuk agenda kepentingan politik, sarana komunikasi keluarga dan
etnis, penjualan barang konsumsi, sampai kepentingan perusahaan multinasional.
Dalam sosiologi dan psikologi serta
dalam genre populer lebih, ruang vritual memungkinkan untuk konstruksi
identitas. Dalam interaksi online,sebagai tempat yang dinegoisasikan ,
direproduksi, dan diindeks, yang bias tidak sesuai dengan konteks
offline. Sifat dari interaksi “kelompok online dapat secara
signifikan berbeda untuk komunitas offline mereka “(Morton 2001, hal 4) Dalam
antropologi, beberapa peneliti telah
mencoba melihat fenomena online dalam konteks yang
lebih luas, termasuk aspek kekuasaan dan hierarki sosial.
Mereka menghubungkan dengan
keadilan, masalah sosial, akibat dan dampak, perbedaan kesempatan dalam akses
kepada tehnologi informasi termasuk internet. Fenomena internet menarik
untuk mengajukan pertanyaan bahwa, apakah metode penelitian etnografi bisa
menggunakan tehnologi baru, termasuk penelitian online, wawancara online, dan
bagaimana dengan privasi.
Berikut ini saya akan mengulas kembali tentang
komunitas online, tentunya sebagai pengguna dari layanan komunitas online pasti
kita ingin mengetahui apa itu komunitas online
yang sangat berkembang pesat dalam dunia era globalisasi ini menjadi hal
yang sangat dibutuhkan dan memudahkan bagi kita dan juga sangat dirasakan manfaatnya.
Berikut adalah
panduan bagaimana membuat komunitas online:
- Sebagai motivasi untuk berbagai informasi, percayalah dengan input dari member. Buat suasana yang nyaman dimana user bias bebas mencurahkan pemikirannya ke anggota lain.
- Buat agar komunitas mampu berubah sesuai dengan peruahan proses dan konsep yang mungkin berlaku ditengah jalan sebagai motivasi untuk berbagai informasi
- Untuk membangun reputasi, dan perasaan bagian dari komunitas adalah dengan membuat system yang memungkinkan anggotanya untuk dikenali dan diberikan penghargaan sesuai kontribusinya.
-
PERANAN
KOMUNITAS ONLINE DALAM MASYARAKAT
Komunitas
online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi
sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan
positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik
didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas
online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza,
Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi
mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.
Sosial media
yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat
melawan ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga
pemerintah yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial
media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang
berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri
kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam
hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung
Bibit-Chandra.
-
MANFAAT
KOMUNITAS ONLINE
Komunitas
online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak
orang merasakan manfaat dari komunitas online di Indonesia.Solusi forum
komunitas online adalah hal yang saya anjurkan karena selain bisa menjalin
silaturahmi kita juga bisa saling share dan tentunya saling menolong ketika
menemukan masalah ketika online. Di Indonesia banyak orang memiliki website dan
blog namun karena tidak mengikuti sebuah forum atau komunitas, website dan blog
mereka jadi asal-asalan. Melalui komunitas online lah kita bisa saling tukar
ilmu untuk kebaikan semua. Website dan blog kita bagus di Indonesia dan bagus
di mata dunia.
Solusi online
ini haruslah anda ikuti karena dapat membantu anda dalam jika anda memiliki
masalah. Ingat, masalah itu tidak akan selesai jika hanya anda diamkan. Oleh
karena itu solusi paling tepat ya ikutilah satu forum atau komunitas yang bisa
membantu anda ketika sedang online, khususnya orang Indonesia.
Artikel diatas menjelaskan bahwa
komunitas online sangat berperan aktif dalam kegiatan dan kebutuhan kita hari
demi hari dari kemudahan mencari sumber informasi dari segala manfaat dan
efisiensi yang ada pada layanan elektronik (online) yang kita butuhkan kapan saja
dan dimana saja.
Sumber :
Prakoso,
S. (2007). Pengantar Teknologi Informasi Internet. Yogyakarta : C.V Andi Offset
Retnoningsih,
E. (2008). Belajar Internet Secara Mandiri. Jakarta : Salemba Infotek
Brian K. Williams,
Stacey C. Sawyer. (2007). Using Information Technology : Pengenal Praktis Dunia
Komputer dan Komunikasi. Andi Publisher.
Sunarto, S.Kom.(2006).
Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP IX. Grasindo.
Darma, Jarot S, Shenia
A. (2009) Buku Pintar Menguasai Internet. MediaKita.
0 komentar:
Posting Komentar